Saturday, July 9, 2011

Fixie Sepeda tak selalu mahal

INILAH.COM, Jakarta-Banyak orang beranggapan bahwa membangun sepeda fixie identik dengan mahal. Padahal membangun sepeda fixie bisa dengan budget terbatas, seperti misalnya di bawa Rp2 juta.
"Banyak orang beranggapan bahwa sepeda fixie selalu mahal. Padahal tidak, membangun sepeda fixie tergantung dari kebutuhannya. Kalau memang mau yang berbeda dengan punya orang lain ya mahal. Tapi kemarin ada teman kita bangun fixie dengan budget sekitar Rp1 jutaan, kok," ujar pentolan Fixed Sector, Mukrullah Ully, ketika dihubungi INILAH.COM, Kamis (2/12).
Ully menambahkan bahwa konsep sepeda fixie adalah untuk kaum urban.
Sementara itu, Marketing and Promotion Manager Rocket, Tendon Pramugiri, mengatakan bahwa fixie identik dengan lifestyle bicycle. "Sekitar 80% dari pengguna sepeda fixie bukanlah cyclist atau orang yang benar-benar gowes sebagai alat transportasi sehari-hari dan bukan atlit," ujarnya.
Ully mengatakan bahwa fixie sebenarnya berasal dari sepeda balap yang velodrome yang dimodifikasi sehingga bisa digunakan untuk melakukan trik atau atraksi.
Komponen sepeda fixie tahun ini sudah sangat banyak dan murah. Mau menganti ban dengan warna merah juga boleh, atau kuning susu juga ada, atau membuat sepeda dengan warna putih semuanya juga bisa.

Urusan frame, bila membeli frame jenis rakitan lebih seru. Beli frame polos lalu di cat sesuka hati pemiliknya.

Velg atau rim fixie, memiliki beraneka model walaupun bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal. Warnanya dari hitam dan putih sudah banyak dipasaran.
Urusan stang sepeda fixie juga unik. Dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap diantara kemacetan kendaraan. Ingin mempertahankan stang atau handlebar sepeda lama juga boleh.

Yang paling asik dengan sepeda fixie, sepeda ini bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot ke belakang maka sepeda akan mundur. Maklum sepeda ini mengunakan fixed gear atau gear tetap.

Yang pasti, karena mengikuti gaya minimalis. Sepeda fixie memang memiliki bobot lebih ringan di bandingkan sepeda biasa. Rata rata beratnya tidak lebih dari 11 kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan.

sumber : http://gowes.inilah.com/read/detail/1027422/membangun-sepeda-fixie-tak-selalu-mahal

No comments:

Post a Comment